Jumat, 08 Juni 2012

wacana

WACANA
    Kursi mewah yang banyak dipakai di hotel, vila, dan rumah-rumah mewah di luar negeri itu berasal dari Cirebon. Barang itu merupakan hasil karya tangan dan jiwa seni anak-anak desa di daerah Cirebon. Dengan alat-alat sederhana, para pengrajin memotong-motong rotan. Kemudian, menciptakan berbagai bentuk macam kerangka kursi dan meja. Setelah kerangka itu  diampelas, lalu dipasang anyaman penggati rotan yang terbuat dari kertas semen. Kertas semen itu dipilin-pilin menjadi seutas tali, lalu dianyam. Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah dibungkus kertas semen. Dengan demikian, terbentuklah anyaman tali kertas seperti lembaran kertas yang disebut loom. Bahan baku berupa lembaran anyaman kertas ini masih didatangkan dari eropa.

1.    Wacana di atas merupakan Wacana Prosedural, karena wacana di atas menceritakan proses pembuatan meja dan kursi mewah yang terbuat dari rotan. Dan sesuai ciri wacana prosedural bahwa wacana di atas peristiwa yang dilukiskan tidak terikat dengan unsur waktu. Adapun langkah-langkah pembuatan kursi dan meja itu adalah
a.    Memotong-motong rotan,
b.    Menciptakan berbagai bentuk macam kerangka kursi dan meja,
c.    Mengampelas kerangka kursi dan meja,
d.    Memasang anyaman penggati rotan yang terbuat dari kertas semen,
e.    Kertas semen itu dipilin-pilin menjadi seutas tali,
f.    Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah dibungkus kertas semen, dan
g.    Terbentuklah anyaman tali kertas seperti lembaran kertas.
2.    Konteks wacana di atas akan dikaji menurut Halliday, karena konteks wacana di atas tidak sesuai dengan pendapat Del Hymes yang mengemukakan enam unsur pembentuk wacana. Dari keenam unsur itu, ada beberapa unsur yang tidak ada dalam wacana di atas. Di antaranya, ends (hasil), amanat (message), dan tidak menampakkan norma percakapan. Oleh karena itu, wacana di atas akan dianalisis konteksnya menurut pendapat Halliday, bahwa konteks wacana itu ada tiga, yaitu:
a.    Medan wacana di atas adalah proses pembuatan kursi dan meja mewah.
b.    Pelibat wacananya adalah perajin anak-anak desa di daerah Cirebon.
Hubungan mereka dengan wacana di atas karena mereka yang membuat meja dan kursi mewah.
c.    Sarana wacananya adalah bersifat tulisan. Karena tidak ada dialog dalam wacana itu.
3.    Tema : Barang mewah di luar negeri berasal dari Cirebon.
Topik : proses pembuatan kursi mewah
Judul : Perajin Cirebon Pembuat meja dan kursi mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar