Sabtu, 09 Juni 2012

Teknologi

I.    PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Teknologi pasca panen adalah teknologi multidisiplin, yang melibatkan pakar-pakar, seperti pakar bahan, manufakturing, teknologi pengolahan pangan, kimia, pengukuran, gizi, agro-kompleks dan lingkungan.
Teknologi ini harus dikuasai, walaupun harus bertahap. Dengan pengembangan produk dari yang sederhana hingga produk yang kompleks, dari skala kecil hingga skala industri, dan dengan akumulasi langkah-langkah perbaikan berkesinambungan, yang melibatkan usaha multi-disiplin, teknologi ini akan menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar produk pertanian Indonesia, yang akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan volume ekspor non-migas, dan sekaligus ikut berkontribusi cukup berarti dalam menyelesaikan persoalan pengangguran di Indonesia.
Kelemahan pengembangan teknologi di Indonesia adalah sinergi antar disiplin ilmu yang masih sangat rendah. Sinergi adalah akumulasi usaha difusi dari berbagai ilmu dan teknologi, yang sangat membutuhkan energi, sehingga untuk mendapatkan produk yang canggih, modern dan berkehandalan tinggi perlu langkah dan tahapan sistematik, yang memerlukan dukungan politik dan dana pemerintah dan perguruan tinggi.
Keberpihakan pemerintah terhadap teknologi rakyat perlu ditegaskan, karena kuat sekali indikasi pemerintah yang lebih mengutamakan akumulasi kekuatan ekonomi pemerintah dan sektor swasta dari pada pemberdayaan teknologi produksi rakyat dan penyelesaian pengangguran, yang memang memerlukan usaha sedikit lebih serius dari pemerintah.
Teknologi pasca panen haruslah dibuktikan oleh UGM pada pemerintah sebagai teknologi pemberdayaan bagi kemampuan produktivitas rakyat, yang bisa mendorong ekspor pertanian rakyat sebagai sumber devisa negara, dan merupakan salah satu langkah strategis menyelesaikan pengangguran.
Oleh sebab itu di dalam metodologi pengembangannya perlu diperhatikan strategi implikasi kebutuhan dana, potensi pertanian rakyat, sustainability, potensi ekspor, potensi penyelesaian pengengguran, keterlibatan sektor swasta dan daya serap teknologi oleh rakyat.
1.2    TUJUAN DAN MANFAAT
Berdasarkan latar belakang diatas, tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui teknologi penangan pasca panen tanaman sayuran, dan memberikan penampilan yang baik serta kemudahan-kemudahan untuk konsumen, juga untuk memberikan perlindungan produk dari kerusakan dan memperpanjang masa simpan
Sedangkan manfaat pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui teknologi penangan pasca panen tanaman sayuran, dan memberikan penampilan yang baik serta kemudahan-kemudahan untuk konsumen, juga untuk memberikan perlindungan produk dari kerusakan dan memperpanjang masa simpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar