Sabtu, 09 Juni 2012

Persiapan peleksanaan

A.    Persiapan
1.    Kegiatan Pembimbingan di Kampus
Adapun kegiatan pembimbingan di kampus dilaksanakan dengan rincian waktu yang digunakan sebagai berikut :
1.    Pada hari sabtu, 10 september2011 pembukaan pembekalan perdana bertempat di Program Studi Masing-masing.
2.    Pada Hari Jumat, 12 september 2011 penyajian materi mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
3.    Pada tangal 13 Februari - 17 september 2011, latihan PBM yang dilakukan oleh masing-masing mahasiswa KKP-PPL  serta mempersentasekan saru per satu RPP yang telah dibuat
4.    Pada Hari rabu, 18 Februari 2011 Penentuan lokasi KKP sekaligus penutupan pembekalan oleh ketua UP-PPL FKIP.
5.    Pada Hari Selasa 21 september 2011 pelepasan sekaligus penerimaan mahasiswa KKP oleh pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah SMA Kartika VII-2 Kendari.
2.    Kegiatan Praktek di Sekolah
        Kegiatan praktek di sekolah di awali dengan tahap observasi dan orientasi selama satu minggu kemudian dilanjutkan dengan kegiatan proses Pembelajaran di dalam kelas dengan alokasi waktu kurang lebih 15 (lima belas) minggu termasuk libur Ujian sekolah dan ujian nasional.

B.    Pelaksanaan PPL (Praktek Terbimbing dan Mandiri)
1.    Kegiatan Praktek Mengajar
    Nama Sekolah    :   SMA Kartika VII-2 Kendari
Nama Mahasiswa    :   Sitti Herfina
Mata Pelajaran        :   Sejarah  
Kelas                         :    X
Hari/Tanggal            :   Kamis, 30  September – 14 Oktober 2011
    Kegiatan Praktek mengajar dibagi dalam 3 tahap kegiatan yaitu Praktek terbimbing, Praktek mandiri, dan ujian akhir. Selama Praktek terbimbing, penulis mendapatkan pembimbingan dan supervisi klinis dari guru pamong. Sedangkan Praktek mandiri dilakukan oleh penulis setelah pelaksanaan Praktek terbimbing dan dianggap mampu oleh guru pamong. Pelaksanaan Praktek terbimbing dan Praktek mandiri ini mulai dari tanggal 3O september sampai dengan 9 desember 2011 atau kurang lebih sekitar 15 minggu pelaksanaannya dan tiap minggu terdapat 3 kali Praktek mengajar dalam dua kelas, yaitu kelas X.2, X1 dan x4 . Dalam kegiatan bimbingan Praktek di sekolah, penulis yang ditempatkan di SMA Kartika VII-2 Kendari mendapatkan bimbingan dari guru pamong yang telah ditunjuk dari pihak sekolah untuk tiap program studi.
Beberapa kegiatan pada bimbingan Praktek di sekolah diantaranya adalah:
a)    Pelatihan Keterampilan Mengajar
Pada tahap ini, penulis sebagai calon guru diharapkan dapat mengintegrasikan atau menerapkan berbagai kemampuan secara utuh dalam situasi nyata di sekolah yang ditempatkan di bawah bimbingan guru pamong. Fokus utama dalam latihan keterampilan mengajar terbimbing adalah untuk persiapan mengajar yang persiapannya adalah siswa.
b)    Pelatihan Tugas-tugas Keguruan serta mengajar secara mandiri
Pelatihan keterampilan dilakukan selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran di lokasi KKP-PPL dimana tugas-tugas keguruan yang biasa dilakukan oleh guru di tambah keterampilan keahlian pribadi yang dimiliki mahasiswa.
Penulis diberi kesempatan secara mandiri untuk menerapkan secara utuh segala kemampuan keguruan dalam situasi nyata di sekolah. Namun guru pamong tetap memantau model pembelajaran yang diterapkan dengan mendiskusikan permasalahan yang ditemui Penulis di lapangan
2.    Kegiatan / Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Ketika masuk kelas yang dikerjakan guru adalah melihat keadaan kelas seperti kelengkapan belajar mengajar, dan menanyakan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah diberikan.
2.    Guru membuka mata pelajaran dengan cara apersepsi yaitu menanyakan kepada siswa mengenai materi yang telah diajarkan sebelumnya dan orientasi materi yang akan diajarkan
3.    Pada saat membuka pelajaran guru memotivasi siswa agar giat belajar demi meraih cita-cita dan masa depan yang cerah
4.    Selanjutnya guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5.    Ketika guru bersangkutan memaparkan materi, perhatian siswa dipusatkan kepada guru dan materi yang akan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar