Jumat, 08 Juni 2012

penelitian yang relevan

H.    Penelitian yang Relevan
Penelitian yang relevan dengan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Anwar (2008:62), di mana hasil penelitiannya menunjukan bahwa melalui pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreatifitas berfikir siswa terhadap konsep cahaya di kelas V SD Negeri I Baruga Kota Kendari.
Penelitian lainnya adalah penelitian yang dilakukan oleh Hendra Kospian (2008:53), di mana hasil penelitian yang menunjukan bahwa melalui pembelajaran dengan mengunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengurangan bilangan bulat.


I.  Metode Penelitian
1.  Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. PTK ini dilakukan dengan penerapan pendekatan kontekstul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari.
2.   Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 yang bertempat di Kota Kendari, Kecamatan Kambu yaitu di SMP Negeri 10 Kendari  kelas VII.
 3.  Subyek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari yang terdaftar pada semester genap  tahun ajaran 2012/2013.
4.   Faktor yang Diteliti
    Faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.    Faktor siswa: untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok pengukuran pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari.
b.    Faktor guru: memperhatikan bagaimana guru mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok pengukuran pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar