Jumat, 08 Juni 2012

hakikat ipa

A.    Hakekat Pembelajaran IPA
Pada dasarnya manusia ingin  tahu lebih banyak tentang IPA atau sains, antara lain sifat sains, model sains dan filsafat sains. Sains mempelajari alam semesta, benda-benda yang ada di permukaan bumi, di dalam perut bumi dan di luar angkasa, baik yang dapat diamati indera maupun yang tidak diamati oleh indera. Sains adalah ilmu tentang dunia zat, baik makhluk hidup maupun benda mati yang diamati (Kardi dan Nur, 1994:1).
Dapat dikatakan bahwa hakikat IPA atau sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap  ilmiah  dan hasilnya terwujud sebagai  produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori yang berlaku secara universal.
Merujuk pada  hakikat  sains sebagaimana dijelaskan di atas, maka nilai-nilai sains dapat ditanamkan dalam pembelajaran sains antara lain:
a.    Kecakapan bekerja dan berpikir secara teratur dan sistematis menurut langkah-langkah metode ilmiah
b.    Keterampilan dan kecakapan dalam mengadakan pengamatan, mempergunakan alat-alat eksperimen  untuk memecahkan masalah
c.    Memiliki sikap ilmiah yang dipergunakan dalam kaitannya dengan pelajaran sains maupun dalam kehidupan
Sebagai alat pendidikan yang berguna untuk mencapai tujuan pendidikan, maka pendidikan sains di sekolah mempunyai tujuan-tujuan tertentu yaitu:
a.    Memberikan pengetahuan kepada siswa tentang dunia tempat hidup dan bagaimana bersikap
b.    Menanamkan sikap hidup ilmiah
c.    Memberikan keterampilan untuk melakukan pengamatan
d.    Mendidik siswa unutk mengenal, mengetahui cara kerja serta menghargai para ilmuwan penemunya.
e.    Menggunakan dan menerapkan metode ilmiah dalam pemecahan permasalahan
Hakikat sains mesti tercermin dalam tujuan pendidikan dan metode mengajar yang digunakan. Dengn demikian pembelajaran sains pada tingkat pendidikan mana pun harus dikembangkan dengan memahami berbagai  pandangan tentang makna sains.
Pembelajaran sains secara khusus sebagaimana tujuan  pendidikan secara umum sebagaimana  termaktub dalam taksonomi  Bloom diharapkan dapat memberikan pengetahuan (kognitif), yang merupakan tujuan  utama dari pembelajaran. Jenis pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan dasar dan dari prinsip dan konsep yang bermanfaat untuk konsep sehari-hari. Pengetahuan secara garis besar tentang fakta yang ada di alam untuk dapat  memahami dam memperdalamlebih lanjut dan melihat adanya keterangan serta keteraturannya. Di samping hal itu pembelajaran sains  diharapakan pula memberikan keterampilan (psikomotorik), kemampuan sikap ilmiah (afektif), pemahaman, kebiasaan, dan  apresiasi di dalam mencari jawaban terhadap suatu permasalahan.

Hakikat dan tujuan pembelajaran sains diharapkan dapat memberikan antara lain:
1.    Kesadaran akan keindahan dan keteraturan alam untuk meningkatkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.    Pengetahuan, yaitu pengetahuan  tentang dasar dari  prinsip dan konsep, fakta yang ada di alam, hubungan saling ketergantungan dan hubungan antara sains  dan teknologi.
3.    Keterampilan dan kemampuan untuk menangani peralatan, memecahkan masalah dan melakukan observasi
4.    Sikap ilmiah, antara  lain skeptis, kritis, sensitif, obyektif, jujur, terbuka, benar dan dapat bekerja sama
5.    Kebiasaan mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktifdengan menggunakan konsep dan prinsip sains untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam
6.    Apresiasif terhadap sains dengan menikmati dan menyadari keindahan  keteraturan perilaku alam serta penerapannya dalam teknologi  (Depdiknas, 2003: 2)
  Paradigma interaksi guru-siswa di sekolah sekarang telah berubah, dari pengajaran (instructional, teaching-instruksional) menjadi pembelajaran (learning), dari guru sebagai subjek (pemain) dan siswa objek (penonton) menjadi siswa sebagai subjek dan guru menjadi sutradara. Dalam pengajaran yang berkonotasi aktivitas guru dengan pola informasi, contoh, tanya-jawab, latihan, tugas, dan evaluasi memandang siswa sebagai wadah kosong yang perlu diisi pengetahuan (sekedar tahu?) sebanyak-banyaknya, suka atau tidak suka, senang atau tidak senang, berminat atau tidak berminat, yang penting materi (tugas) selesai tersampaikan.
Sebaliknya, dalam konteks pembelajaran, memandang siswa sebagai subyek, jadi berkonotasi pada aktivitas siswa (minds-on dan hands-on). Mengapa demikian? Karena pada pembelajaran, yaitu membelajarkan siswa-membuat siswa belajar, berasumsi bahwa siswa telah memiliki bekal (potensi) berupa intelektual, emosional, dan spiritual yang perlu dikembangkan dengan fasilitasi dari guru. Jadi belajar dapat dipandang sebagai pengembangan potensi tersebut secara optimal. Prinsip pembelajaran yang dijadikan pedoman adalah (Erman, 2001) siswa pemain-guru sutradara, siswa mengalami-melakukan-mengkomunikasikan, negosiasi-bukan instruksi, konstruksivis dari daily life, orientasi pada kompetensi (pangabisa) tidak sekedar teori, dan nyaman-menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar