Sabtu, 09 Juni 2012

Fungsi transportasi

D.    Fungsi Transportasi Darat

Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah menggunakan kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang
melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangnya perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas.
Prasarana jalan merupakan urat nadi kelancaraan lalu lintas di darat. Lancarnya lalu lintas akan sangat menunjang perkembangan perekonomian suatu daerah.guna menunjang kelancaranperhubungan darat pembangunan dan perbaikan jalan terus dilakukan.
Fungsi transportasi darat sebagai salah satu sub sektor pembangunan akan semakin merata keseluruh wilayah tanah air bilamana penyebaran dan pengembangan sarana dan prasarana fasilitas tersedia untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam kehidupan suatu daerah atau wilayah. Aktivitas transportasi merupakan sebagian vital yang mampu mempengaruhi kegiatan perdagangan dan memperlancar arus lalulintas dari satu daerah ke daerah lain, jaminan dari kegiatan-kegiatan transportasi dapat dilihat pada:
1.    Penyedian barang  yang tepat waktu
2.    Keadaan dan mutu barang yamg tepat dan sesuai kebutuhan masyarakat 
3.    Harga bahan dan barang menjadi stabil dan terjangkau
Fungsi transportasi darat dapat dikelompokan beberapa bagian yaitu:
1.    Fungsi tansportasi dalam peradaban manusia
Perkembangan peradaban manusia akan tergambar jelas dari perkembangan aktivitas sosial ekonominya. Pada zaman ini kebutuhan hidup makin beragam dan objek pemuas kebutuhan terpencar serta gaya hidup manusiapun telah cenderung menetap, maka transportasi dan peningkatan teknologinya makin diperlukan.
2.    Fungsi  transportasi dalam  bidang  ekonomi
Transportasi, seperti yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya, bahwa transportasi dengan segala kinerja dan perkembangannya telah mengingkatkan produktivitas manusia, produktivitas dalam hal produksi serta peningkatan mobilitas pemasaran sehingga meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan. Sumber daya alam adalah kebutuhan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup ataupun untuk mencari penghasilan. Sumber daya alam tersebut tersebar di seluruh permukaan bumi, tak ada satu lokasi di bumi yang dapat memenuhi suatu kebutuhan akan sumber daya alam pada satu lokasi. Sehingga diperlukan alat transportasi untuk mengakses kebutuhan tersebut. Selain itu, transportasi juga meminimalkan jarak sehingga menekan biaya pengeluaran dalam suatu produksi dan meningkatkan efisiensi waktu.
3.    Fungsi transportasi dalam  bidang sosial
Perkembangan transportasi dalam bidang sosial mengakibatkan bertambahnya luasan kegiatan manusia. Transportasi juga telah menimbulkan perubahan-perubahan meski perubahan tersebut bernilai negatif  misalnya adalah perbedaan kasta masyarakat yang dilihat dari kepemilikan alat transportasi, orang yang memiliki kendaraan mobil akan dipandang lebih ‘tinggi’dari pada orang yang hanya memiliki kendaraan motor. Orang-orang yang biasanya berkendaraan atau perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang statusnya lebih tingi di masyarakat dari pada orang yang hanya mampu menggunakan bus antar kota.
Pentingnya aksesibilitas dan kemudahan mendapatkan fasilitas transportasi juga mempengaruhi suatu pola perumahan, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya permukiman di Indonesia yang memiliki pola linier sepanjang jalan. Perumahan yang lokasinya dekat dengan akses jalan juga nilainya lebih tinggi dari pada rumah yang jauh dari jalan.
Transportasi yang dapat menyebabkan terjadinya suatu mobilitas, mobilitas tersebut dapat berupa perpindahan manusia dari suatu wilayah ke wilayah lainnya untuk berpindah tempat tinggal, dengan adanya mobiltitas tersebut maka akan ada percampuran suku dan budaya yang berbeda dalam suatu wilayah, orang-orang akan saling menghormati dan saling mengenal budaya atau suku yang berbeda.

1 komentar:

  1. Makasih sob udah share , blog ini sangat bermanfaat ......................


    bisnistiket.co.id

    BalasHapus