Sabtu, 09 Juni 2012

Abstrak

ABSTRAK

Suhardin (A1A2 07 071) “Laporan Akhir KKP Terintegrasi PPL pada SMA Kartika VII-2 Kendari Semester Ganjil Tahun Akademik 2011/2021”
Tujuan pelaksanaan KKP terintegrasi PPL yaitu untuk membimbing, mendidik, dan melatih mahasiswa agar memiliki suatu standar kompetensi profesional, memiliki keterampilan dan melaksanakan tugas-tugas pendidikan, memiliki dan menghayati nilai-nilai sebagai seorang guru, mengembangkan inovasi dalam bidang kependidikan, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan diri dan pengetahuannya dalam situasi pembelajaran di sekolah.
Rumusan program dalam laporan akhir ini, adalah kegiatan praktek mengajar yang pada dasarnya adalah kegiatan mengimplementasikan atau pelaksanaan perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari kegiatan pelatihan di kampus oleh dosen pembimbing. Guru pamong dan kepala sekolah memberi tugas membimbing dan mengajarkan mata pelajaran dalam keseluruhan proses kegiatan dan wajib melaporkan secara periodik tentang kemajuan belajar siswa baik individu maupun secara berkelompok dan pemberian diluar jam pelajaran bila perlu.
Kegiatan praktek mengajar ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran dan alokasi waktu yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah sesuai dengan mata pelajaran dalam hal ini Kimia yang diajarkan oleh praktikan.
Dari analisis hasil pelaksanaan dan refleksi selama pelaksanaan KKP terintegrasi PPL maka dapat disimpulkan bahwa: (1) kuliah kerja profesi (KKP) terintegrasi PPL bagi mahasiswa FKIP UNHALU merupakan sarana untuk mempersiapkan diri secara fungsional dan mandiri dalam menggeluti dunia pendidikan sehingga KKP terintegrasi PPL sebagai persiapan pendahuluan untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional, (2) pada pembimbingan dikampus mahasiswa peserta KKP terintegrasi PPL sebagai calon guru dibekali berbagai pengetahuan terutama perangkat pembelajaran yang akan diterapkan di sekolah yang sesuai dengan kurikulum baru yaitu KTSP, (3) dewan guru beserta staf tata usaha dan siswa-siswi SMA Kartika VII-2 Kendari memiliki kedisiplinan yang tinggi sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar, (4) Prestasi-prestasi yang diperoleh siswa(i) SMA Kartika VII-2 Kendari tidak lepas dari tersediannya media, sarana dan fasilitas pembelajaran serta tingginya antusiasme guru dalam memberikan pelajaran tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar